iklan

Hewan Yang Transparan

Berikut ini adalah hewan transparan atau hewan tembus pandang yang ada di dunia ini yang mana kita pasti merasa heran dan aneh bila melihatnya.

1. Transparent Frog




Merupakan binatang asli Venezuela, Katak Gelas merupakan bagian dari keluarga amphibi Centrolenidae (order Anura). Warna dasar utama katak kaca adalah hijau limau, warna kulit perut dari beberapa diantaranya transparan, sehingga jantung, hati dan saluran pencernaannya dapat dilihat melalui kulitnya yang bening.

2. Transparent Head Fish



Ikan air dalam yang aneh ini disebut Barreleye (Macropinna microstoma). Ia memiliki kepala yang transparan dan mata berbentuk tabung. Ia punya mata yang sangat sensitif terhadap cahaya dan dapat berotasi dalam perisai transparan berisi cairan di atas kepalanya, sementara mata tabungnya berada di dalam kepala dinaungi oleh lensa hijau yang terang. Matanya terarah ke atas (seperti terlihat dalam gambar) ketika ia mencari makanan di atas kepalanya, dan mengarah ke depan ketika dia diberi makan. Dua titik di atas mulutnya bukanlah mata, melainkan organ penciuman yang disebut nares, yang dianalogikan sebagai lubang hidung pada manusia.

3. Transparent Butterfly



Ditemukan di Amerika Tengah, dari Mexico sampai Panama, Glasswing Butterfly (Greta Oto) adalah kupu-kupu semak rendah yang sayapnya transparan. jaringan di antara pembuluh darah dalam sayap terlihat seperti kaca.

4. Transparent Squid



Ditemukan di lau belahan bumi selatan, the Glass Squid (Teuthowenia pellucida) memiliki organ yang terang pada matanya dan memiliki kemampuan untuk menggulung menjadi bola, seperti landak laut. Hewan ini merupakan makanan bagi banyak ikan perairan dalam seperti
hiu goblin, paus dan burung laut.

5. Transparent Zebrafish created by scientists



Ikan zebra tembus pandang ini "diciptakan" pada tahun 2008 oleh para ilmuwan sehingga mereka bisa mempelajari proses penyakit, termasuk penyebaran kangker. Ikan transparan memungkinkan para peneliti di Rumah Sakit Anak Boston untuk langsung melihat organ dalam ikan dan mengamati beberapa proses seperti pertumbuhan tumor dalam waktu sebenarnya pada organisme hidup.

6. Transparent Icefish



Ditemukan di perairan dingin sekitar antartica dan Amerika selatan bagian selatan, crocodile icefish (Channichthyidae) merupakan makanan bagi krill, copepods, dan ikan lainnya. Darahnya transparan karena mereka tak memiliki hemoglobin atau eritrosit yang tak berfungsi. Metabolisme mereka bertumpu hanya kepada oxygen yang dilbur dalam darah cair, yang dipercaya dapat diserap langsung dari air melalui kulit. Hal ini terjadi karena air dapat melebur oksigen terbanyak saat suhunya sangat dingin. Dalam 5 species, gen untuk mioglobin dalam otot juga hilang, sehingga mereka memiliki hati yang berwarna putih.

7. Transparent Amphipod



Disebut Phronima, binatang tak lazim ini adalah satu dari banyak species aneh yang baru-baru ini ditemukan dalam ekspedisi ke barisan gunung laut dalam di Atlantik Utara. Dalam strategy ironisnya untuk bertahan hidup, hewan mirip udang ini menunjukkan semua yang dimilikinya, luar dan dalam dengan maksud untuk menghilang. Banyak makhluk laut dalam lain berukuran kecil yang juga transparan, atau hampir transparan, untuk mengkamuflasikan dirinya dalam lingkungan yang suram, ujar para ahli.

8. Transparent Larval Shrimp



Ditemukan di di perairan sekitar Hawaii, transparan ini larva udang piggybacks pada tembus sama ubur-ubur.

9. Transparent Salp



Hewan mirip ubur-ubur ini dikenal sebagai Salps makanan bagi tanaman kecil dalam air yang disebut phytoplankton (alga laut). Mereka transparan, hewan berbentuk drum ini dapat mencapai panjang 1-10 cm.

10. Transparent Jellyfish



Ubur-ubur adalah anggota perenang bebas dari phylum Cnidaria. Dapat ditemukan di semua lautan dari permukaan hingga laut dalam. banyak ubur-ubur sangat transparan sehingga hampir tak mungkin dilihat. Satu jenis di atas adalah dari genus Arctapodema, dengan ukuran (2.5 cm)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Hewan Yang Transparan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kolakmanis.blogspot.com/2010/03/hewan-yang-transparan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Indah - Jumat, 26 Maret 2010

Belum ada komentar untuk "Hewan Yang Transparan"

Posting Komentar